Pages


counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 04 Februari 2014

KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA



                                                                                             
                                                     KARYA ILMIAH
  
                      PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET BAGI PERKEMBANGAN 
                                                     ANAK ANAK DAN REMAJA


 NAMA: MUH AMIN
KELAS: XI IPA 2
NIS: 110602


KATA PENGANTAR
         Alhamdulillah,Atas Berkat Rahmat Allah yang maha kuasa serta karna rohman rohimnya, Karya Tulis ilmiah yang singkat ini dapat terselesaikan tepat waktu. Yang mana pada kali ini mengambil tema : Pengaruh Pemanfaatan Internet bagi Perkembangan Anak-Anak dan Remaja.
Dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah , pengarang  yakin masih banyak kekurangan dalam menyusun karya tulis ilmiah yang singkat ini.oleh karena itu peneliti mengharapkan kritik dan saran yang positif agar karya tulis ilmiah ini menjadi lebih baik dan berdaya guna di masa yang akan datang.
Maros , 16 maret 2013

                                                                                                                  penyusun
                                                                                                              MUH AMIN
 


                                                          DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………………   1
KATA PENGANTAR ……………………………………………………..  2
DAFTAR ISI ……………………………………………………. ………..   3
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ………………………………………. …….                  4
1.2 Rumusan Masalah …………………………………………..                  4
1.3 Tujuan Penelitian …………………………………………..                   4
1.4 Manfaat Penelitian ………………………………………….                  4
BAB II KAJIAN TEORI
2.1 Pembahasan Teori ………………………………………….                  5
2.2 Pengajuan Hipotesis ………………………………………..                  6
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Waktu dan Tempat Penelitian ……………………………..                    6
3.2 Metode dan Rancangan Penelitian ………………………..                     6
3.3 Pengumpulan Data dan Analisis Data ……………………..                    6
BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Hasil-hasil Pembahasan …………………………………….                   7
4.2 Jawaban Terhadap Hipotesis ……………………………….                   8
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan …………………………………………………                  9
5.2 Saran ………………………………………………………..                  9
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………….       10    



 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
     Internet adalah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio). Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyedia informasi, dan fasilitas untuk promosi.Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia.Internet dewasa ini terasa semakin berperan penting dan sangat luas cakupannya.
     Bila pada sekitar 10 tahun yang lalu, manfaat internet lebih banyak digunakan oleh kalangan perkantoran dan bisnis, sekarang boleh dikatakan internet menjadi hal wajib bagi berbagai kalangan dan sebagian besar kalangan muda terutama.Juga akses internet sekarang jauh lebih mudah di dapat dengan banyak bertebarannya warnet, sekolah yang banyak menyediakan sarana dan memberikan pelajaran seputar dunia internet.
      Juga kecanggihan teknologi smartphones, gadget dan akses internet dari rumahpun sekarang bisa didapat dengan mudah dan dengan biaya yang relatif murah. Internet seolah-olah seperti sebuah pintu, yang ketika kita melewatinya, akan terbentang berbagai macam hal dari seluruh belahan dunia. Bukan sebatas keterbatasan mata memandang, internet menawarkan kepada kita untuk bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan layar monitor. Seolah dunia internet tanpa batas ruang dan jarak.
       Lewat internet kita bisa banyak sekali mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai hal. Bertemu lewat internet dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, saling berbagi, saling berbincang, bertukar ide, bertukar pengetahuan dan tentu akan banyak lagi manfaat internet yang bisa kita dapat. 
1.2  Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada penelitian kali ini adalah  
          Bagaimana pengaruh & manfaat Internet bagi Remaja dan Anak-anak di Indonesia ?
1.3  Tujuan Penelitian
  1. Mengetahui Pengaruh  Internet Bagi Perkembangan Anak-anak dan Remaja di Indonesia
  2. Mengetahui Manfaat   Internet Bagi Perkembangan Anak-anak dan Remaja di Indonesia
  3. Mengetahui presentasi pengunaan internet bagi para remaja dan Anak-Anak
1.4  Manfaat Penelitian
  1. Meningkatkkan pengetahuan mengenai Internet bagi Anak-Anak dan Remaja Indonesia.
  1. Meningkatkan kesadaran Anak-Anak dan remaja  tentang adanya internet yang dapat membantu dalam kehidupan, sekaligus mengingatkan kepada mereka mengenai dampak negatif dari adanya internet
  1. Bagi peneliti, sebgai  dorongan untuk lebih meningkatkan penggunaan koneksi internet untuk memperbaiki kemampuan dalam pembelajaran.



BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Pembahasan Teori 
          A. Dampak Internet
Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Dampak Positif :
  1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  2. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat
  3. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
Dampak Negative :
  1. Pornografi
    Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
  2. Penipuan
    Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut
  3. Kecenderungan munculnya kecanduan pelajar SLTP akan internet, yang mengakibatkan lupa waktu. Kecanduan akan game online, chatting dan fasilitas internet lainnya memicu anak menjadi malas belajar(minat belajar berkurang) atau pun enggan melakukan aktivitas sosial lainnya.
B. Boros
Definisi Boros adalah perbuatan yang menghambur-hamburkan Uang dan Berlebihan melakukan dengan hasil yang minimum. Dalam kajian ini Boros diartikan sifat yang buruk yang mana Boros itu dapat mempengaruhi uang saku para pengguna Internet
C Prestasi Akademik
Prestasi Akademik adalah presatasi yang di gapai dalam  bidang Pelajaran di sekolah atau Universitas. Pendidikan untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa selama ini belum berjalan secara optimal. Masih banyak dijumpai siswa dengan bakat akademis yang mengalami gejala “prestasi kurang”/underachiever.  Hal ini akan menghambat pemberdayaan potensi sumber daya manusia apabila terus berlangsung(I Wayan Dharmayana.2007).
2.2 Pengajuan Hipotesis
          Disini peneliti mengemukakan hipotesis bahwa Internet memiliki dampak :
  1. Internet memiliki dampak Buruk/negative
  2. Internet membuat uang saku Menjadi Boros
  3. Internet dapat menurunkan Prestasi Akademik



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Waktu dan Tempat Penelitian  
a .Waktu   : Hari Sabtu, tanggal 16 maret  2013 -  19 maret  2013.            .
b. Tempat :sma neg 11 maros baru
c. Warnet .
3.2 Metode dan Rancangan Penelitian  
A. Metode penelitian
               Metode yang peneliti lakukan adalah Metode pustakawan dan Teknik Observasi ( melakukan survei kepada para narasumber) . disini peneliti membagi narasumber berdasarkan Umur
a. Umur   : 5 – 11  Tahun ( GOL A /Anak – Anak )
b.12- 15 Tahun (GOL B/ Pra remaja )
c. 16 – 18 Tahun ( GOL C/Remaja )
B. Rancangan Penelitian :
  1. Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
  2. Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
3.      Situs pengetahuan apa yang anda tahu ?
  1. Apakah prestasi akademik  meningkat dengan adanya perkembangan internet?
  2. Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
  3. Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
  4. Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
  5. Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ? 
3.3 Pengumpulan Data dan Analisis Data
          A. Pengumpulan Data :
Untuk Menjawab Hipotesis, Peneliti telah melakukan berbagai survey yang mana surey itu berisikan Rancangan Penelitian,Tempat  di lakukan Penelitian adalah di  sma neg 11 maros baru, sedangkan Waktu Penelitian di lakukan Pada Tangga l 1 maret 2013 sampai dengan 15 maret 2013.
         B. Teknik Analisis Data
Teknik Analisis Data yang digunakan dalam  Peneliti ini Adalah Teknik Survey atau Tanya Jawab kepada Narasumber.
BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Hasil –Hasil Pembahasan
Hasil Penelitian tentang pengaruh Manfaat Internet bagi Anak –Anak dan Remaja Indonesia Adalah :
Jenis Kelamin        : Laki-Laki = 50%
Perempuan = 50%
Usia Subjek           : 5-11 tahun ( GOL A)
12- 15 tahun ( GOL B)
16 – 18 Tahun ( GOL C )
  1. Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
GOL A : 2x Seminggu ( 50% ),3x Seminggu (50%)
GOL B : 3x Seminggu ( 50%), 4x Seminggu ( 30%), 5x Seminggu (20%)
GOL C : 5x Seminggu (45%),6x Seminggu (30%),7x Seminggu (25%)
  1. Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
GOL A : 0%
GOL B : 10%
GOL C : 30 %
  1. Situs pengetahuan apa yang anda tahu ?
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Wikipedia ( 80%), Lain-Lain (20%)
GOL C : Wikipedia (55%),BSE(35%),Lain-Lain ( 10%)
  1. Apakah prestasi akademik  meningkat dengan adanya perkembangan internet?
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Iya ( 80%),Tidak ( 20%)
GOL C : Iya (97%),Tidak (3%)
  1. Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Iya (95%),Tidak (5%)
GOL C: Iya (100%)
  1. Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
GOL A : Iya ( 75%), Tidak (25%)
GOL B : Iya (98%),Tidak (2%)
GOL C: Iya (100%)
  1. Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Iya (90%),Tidak (10%)
GOL C: Iya (96%),Tidak (4%)
  1. Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ?
GOL A : Iya (5%),Tidak (95%)
GOL B : Iya (50%),Tidak (50%)
GOL C : Iya (50%),Tidak (50%)
4.2 Jawaban Terhadap Hipotesis

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengajuan Hipotesis tidak sepenuhnya Benar karna menurut data penelitian bahwa :
  1. A.    Internet  tidak selamanya memiliki dampak Buruk/negative.
  1. Untuk GOL A ( Umur 5-11) = setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk bermain game-tidak untuk pengetahuan. Dan ini peneliti menyimpulkan bahwa internet untuk Golongan ini memiliki dampak Negativ/buruk.
  2. Untuk GOL B ( Umur 12-15)= Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk mencari pengetahuan dan hiburan ( game online)
  3. Untuk GOL C ( Umur 16-18)= Setelah dilakukan  penelitian bahwa internet menurut merkea adlah salah satu sumber Ilmu dan pengetahuan
  1. B.     Internet membuat uang saku Menjadi Boros
Untuk GOL A/B/C : setelah dilakukan Penelitian hampir 75% untuk GOL A,98% untuk GOL B,dan 100% untuk GOL C. mengatakan bahwa Internet dapat membuat uang saku Menjadi Boros,
  1. C.    Internet Tidak sepenuhnya menurunkan Prestasi Akademik  
  1. Untuk GOL A : (Umur 5-11) setelah dilakukan penelitian bahwa 100% . anak pada umur ini tidak mengetahui bahwa internet adalah salah satu sumber ilmu yang dapat meningkatkan prestasi akademik mereka.
  2. Untuk GOL B : (umur 12-15) setelah dilakukan penelitian bahwa 80% menyatakan bahwa internet dapat  meningkatkan prestasi Akademik, dan 20% menyatakan bahwa internet tidak dapat menigkatkan prestasi Akademik.
  3. Untuk GOL C : (Umur 16-18) setelah di lakukan penelitian bahwa 100% menyatakan bahwa internet dapat meningkatkan Prestasi Akademik


 
 BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1  Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian terhadap pengaruh pemanfaatan internet terhadap anak – anak dan remaja Indonesia adalah Internet dapat memiliki dampak positive/negative tergantung para pengguna internet, akan tetapi untuk  GOL A (umur 5- 10 tahun) dapat di simpulkan bahwa internet memiliki dampak negative karna kecenderungan mereka menggap bahwa internet hanya sebagai media hiburan dan Game online.  Sedangkan untuk GOL B dan GOL C dapat disimpulkan bahwa mereka menggap internet sebagai salah satu sumber Ilmu /Pengetahuan
5.2 Saran
Peneliti menyarankan bahwa Internet memiliki dampak Positif dan negative. Untuk meminimalisir Anak-Anak dan para remaja untuk mengunjungi situs-situs yang negative. Perlu diadakanya pengawasan yang diadakan oleh para Orang tua.Adanya pengaruh pengawasan dari orang tua siswa itu sendiri, yang mengarahkan kepada anaknya bagaimana dan untuk apa penggunaan fasilitas internet itu. Juga dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa terhadap jaringan atau penguasaan fasilitas – fasilitas internet.


 
DAFTAR PUSTAKA
Amin,muh.2013.Pelajaran Internet. Maros : canon
Amin.muh ,2013,Teknologi Informasi dan Komunikasi, Maros : canon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

KEMBANG API


Blogger news

hujan

Blogroll

lagu

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

About