KARYA ILMIAH
PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET BAGI PERKEMBANGAN
ANAK ANAK DAN REMAJA
NAMA: MUH AMIN
KELAS: XI IPA 2
NIS: 110602
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,Atas Berkat Rahmat Allah
yang maha kuasa serta karna rohman rohimnya, Karya Tulis ilmiah yang singkat
ini dapat terselesaikan tepat waktu. Yang mana pada kali ini mengambil tema : Pengaruh
Pemanfaatan Internet bagi Perkembangan Anak-Anak dan Remaja.
Dalam
penyusunan Karya Tulis Ilmiah , pengarang
yakin masih banyak kekurangan dalam menyusun karya tulis ilmiah yang
singkat ini.oleh karena itu peneliti mengharapkan kritik dan saran yang positif
agar karya tulis ilmiah ini menjadi lebih baik dan berdaya guna di masa yang
akan datang.
Maros , 16 maret 2013
penyusun
MUH
AMIN
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………
1
KATA PENGANTAR ……………………………………………………..
2
DAFTAR ISI …………………………………………………….
……….. 3
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ……………………………………….
…….
4
1.2 Rumusan Masalah …………………………………………..
4
1.3 Tujuan Penelitian …………………………………………..
4
1.4 Manfaat Penelitian ………………………………………….
4
BAB II KAJIAN TEORI
2.1 Pembahasan Teori ………………………………………….
5
2.2 Pengajuan Hipotesis ………………………………………..
6
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Waktu dan Tempat Penelitian ……………………………..
6
3.2 Metode dan Rancangan Penelitian ………………………..
6
3.3 Pengumpulan Data dan Analisis
Data ……………………..
6
BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Hasil-hasil Pembahasan …………………………………….
7
4.2 Jawaban Terhadap Hipotesis ………………………………. 8
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan …………………………………………………
9
5.2 Saran ………………………………………………………..
9
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………….
10
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Internet adalah
jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi
lainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset,
museum, bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio).
Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyedia informasi, dan fasilitas
untuk promosi.Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai
lokasi di seluruh dunia.Internet dewasa ini terasa semakin berperan penting dan
sangat luas cakupannya.
Bila pada sekitar
10 tahun yang lalu, manfaat internet lebih banyak digunakan oleh
kalangan perkantoran dan bisnis, sekarang boleh dikatakan internet menjadi hal
wajib bagi berbagai kalangan dan sebagian besar kalangan muda terutama.Juga
akses internet sekarang jauh lebih mudah di dapat dengan banyak bertebarannya
warnet, sekolah yang banyak menyediakan sarana dan memberikan pelajaran seputar
dunia internet.
Juga kecanggihan
teknologi smartphones, gadget dan akses internet dari rumahpun sekarang bisa
didapat dengan mudah dan dengan biaya yang relatif murah. Internet seolah-olah
seperti sebuah pintu, yang ketika kita melewatinya, akan terbentang berbagai
macam hal dari seluruh belahan dunia. Bukan sebatas keterbatasan mata
memandang, internet menawarkan kepada kita untuk bisa berkeliling dunia tanpa
harus beranjak dari tempat duduk di depan layar monitor. Seolah dunia internet
tanpa batas ruang dan jarak.
Lewat internet
kita bisa banyak sekali mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai hal.
Bertemu lewat internet dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, saling
berbagi, saling berbincang, bertukar ide, bertukar pengetahuan dan tentu akan
banyak lagi manfaat internet yang bisa kita dapat.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada penelitian kali ini adalah
Bagaimana pengaruh & manfaat Internet bagi Remaja dan
Anak-anak di Indonesia ?
1.3 Tujuan Penelitian
- Mengetahui Pengaruh Internet Bagi Perkembangan Anak-anak dan Remaja di Indonesia
- Mengetahui Manfaat Internet Bagi Perkembangan Anak-anak dan Remaja di Indonesia
- Mengetahui presentasi pengunaan internet bagi para remaja dan Anak-Anak
1.4 Manfaat Penelitian
- Meningkatkkan pengetahuan mengenai Internet bagi Anak-Anak dan Remaja Indonesia.
- Meningkatkan kesadaran Anak-Anak dan remaja tentang adanya internet yang dapat membantu dalam kehidupan, sekaligus mengingatkan kepada mereka mengenai dampak negatif dari adanya internet
- Bagi peneliti, sebgai dorongan untuk lebih meningkatkan penggunaan koneksi internet untuk memperbaiki kemampuan dalam pembelajaran.
BAB
II
KAJIAN
TEORI
2.1 Pembahasan Teori
A. Dampak Internet
Internet adalah jaringan komputer
yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini
meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan
memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang
elektromagnetik).Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi
dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software
dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak (
dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang
menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang
tergabung dalam internet.
Dampak Positif :
- Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
- Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat
- Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
Dampak Negative :
- Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. - Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut - Kecenderungan munculnya kecanduan pelajar SLTP akan internet, yang mengakibatkan lupa waktu. Kecanduan akan game online, chatting dan fasilitas internet lainnya memicu anak menjadi malas belajar(minat belajar berkurang) atau pun enggan melakukan aktivitas sosial lainnya.
B. Boros
Definisi Boros adalah perbuatan yang
menghambur-hamburkan Uang dan Berlebihan melakukan dengan hasil yang minimum.
Dalam kajian ini Boros diartikan sifat yang buruk yang mana Boros itu dapat
mempengaruhi uang saku para pengguna Internet
C Prestasi Akademik
Prestasi Akademik adalah presatasi
yang di gapai dalam bidang Pelajaran di sekolah atau Universitas.
Pendidikan untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
selama ini belum berjalan secara optimal. Masih banyak dijumpai siswa dengan
bakat akademis yang mengalami gejala “prestasi kurang”/underachiever.
Hal ini akan menghambat pemberdayaan potensi sumber daya manusia apabila terus
berlangsung(I Wayan Dharmayana.2007).
2.2 Pengajuan Hipotesis
Disini peneliti mengemukakan
hipotesis bahwa Internet memiliki dampak :
- Internet memiliki dampak Buruk/negative
- Internet membuat uang saku Menjadi Boros
- Internet dapat menurunkan Prestasi Akademik
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
3.1 Waktu
dan Tempat Penelitian
a .Waktu : Hari Sabtu,
tanggal 16 maret 2013 - 19
maret 2013.
.
b. Tempat :sma neg 11 maros baru
c. Warnet .
3.2 Metode dan Rancangan Penelitian
A. Metode penelitian
Metode yang peneliti lakukan
adalah Metode pustakawan dan Teknik Observasi ( melakukan survei kepada
para narasumber) . disini peneliti membagi narasumber berdasarkan Umur
a. Umur : 5 – 11 Tahun
( GOL A /Anak – Anak )
b.12- 15 Tahun (GOL B/ Pra remaja )
c. 16 – 18 Tahun ( GOL C/Remaja )
B. Rancangan Penelitian :
- Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
- Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
3.
Situs pengetahuan apa yang anda tahu
?
- Apakah prestasi akademik meningkat dengan adanya perkembangan internet?
- Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
- Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
- Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
- Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ?
3.3 Pengumpulan Data dan Analisis
Data
A. Pengumpulan Data :
Untuk Menjawab Hipotesis, Peneliti
telah melakukan berbagai survey yang mana surey itu berisikan Rancangan
Penelitian,Tempat di lakukan Penelitian adalah di sma neg 11 maros baru, sedangkan Waktu
Penelitian di lakukan Pada Tangga l 1 maret 2013 sampai dengan 15 maret 2013.
B. Teknik Analisis Data
Teknik Analisis Data yang digunakan
dalam Peneliti ini Adalah Teknik Survey atau Tanya Jawab kepada
Narasumber.
BAB
IV
PEMBAHASAN
4.1 Hasil –Hasil Pembahasan
Hasil Penelitian tentang pengaruh
Manfaat Internet bagi Anak –Anak dan Remaja Indonesia Adalah :
Jenis Kelamin
: Laki-Laki = 50%
Perempuan = 50%
Usia Subjek
: 5-11 tahun ( GOL A)
12- 15 tahun ( GOL B)
16 – 18 Tahun ( GOL C )
- Berapa kali dalam seminggu anda internetan ?
GOL A : 2x Seminggu ( 50% ),3x
Seminggu (50%)
GOL B : 3x Seminggu ( 50%), 4x
Seminggu ( 30%), 5x Seminggu (20%)
GOL C : 5x Seminggu (45%),6x
Seminggu (30%),7x Seminggu (25%)
- Berapa besar presentasi anda untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
GOL A : 0%
GOL B : 10%
GOL C : 30 %
- Situs pengetahuan apa yang anda tahu ?
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Wikipedia ( 80%),
Lain-Lain (20%)
GOL C : Wikipedia (55%),BSE(35%),Lain-Lain
( 10%)
- Apakah prestasi akademik meningkat dengan adanya perkembangan internet?
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Iya ( 80%),Tidak ( 20%)
GOL C : Iya (97%),Tidak (3%)
- Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar?
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Iya (95%),Tidak (5%)
GOL C: Iya (100%)
- Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku.
GOL A : Iya ( 75%), Tidak (25%)
GOL B : Iya (98%),Tidak (2%)
GOL C: Iya (100%)
- Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar.
GOL A : Tidak Tahu
GOL B : Iya (90%),Tidak (10%)
GOL C: Iya (96%),Tidak (4%)
- Apakah anda pernah mengunjungi situs porno ?
GOL A : Iya (5%),Tidak (95%)
GOL B : Iya (50%),Tidak (50%)
GOL C : Iya (50%),Tidak (50%)
4.2 Jawaban Terhadap Hipotesis
Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa pengajuan Hipotesis tidak sepenuhnya Benar karna
menurut data penelitian bahwa :
- A. Internet tidak selamanya memiliki dampak Buruk/negative.
- Untuk GOL A ( Umur 5-11) = setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk bermain game-tidak untuk pengetahuan. Dan ini peneliti menyimpulkan bahwa internet untuk Golongan ini memiliki dampak Negativ/buruk.
- Untuk GOL B ( Umur 12-15)= Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk mencari pengetahuan dan hiburan ( game online)
- Untuk GOL C ( Umur 16-18)= Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut merkea adlah salah satu sumber Ilmu dan pengetahuan
- B. Internet membuat uang saku Menjadi Boros
Untuk GOL A/B/C : setelah dilakukan
Penelitian hampir 75% untuk GOL A,98% untuk GOL B,dan 100% untuk GOL C. mengatakan
bahwa Internet dapat membuat uang saku Menjadi Boros,
- C. Internet Tidak sepenuhnya menurunkan Prestasi Akademik
- Untuk GOL A : (Umur 5-11) setelah dilakukan penelitian bahwa 100% . anak pada umur ini tidak mengetahui bahwa internet adalah salah satu sumber ilmu yang dapat meningkatkan prestasi akademik mereka.
- Untuk GOL B : (umur 12-15) setelah dilakukan penelitian bahwa 80% menyatakan bahwa internet dapat meningkatkan prestasi Akademik, dan 20% menyatakan bahwa internet tidak dapat menigkatkan prestasi Akademik.
- Untuk GOL C : (Umur 16-18) setelah di lakukan penelitian bahwa 100% menyatakan bahwa internet dapat meningkatkan Prestasi Akademik
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian terhadap
pengaruh pemanfaatan internet terhadap anak – anak dan remaja Indonesia adalah
Internet dapat memiliki dampak positive/negative tergantung para pengguna
internet, akan tetapi untuk GOL A (umur 5- 10 tahun) dapat di simpulkan
bahwa internet memiliki dampak negative karna kecenderungan mereka menggap
bahwa internet hanya sebagai media hiburan dan Game online. Sedangkan
untuk GOL B dan GOL C dapat disimpulkan bahwa mereka menggap internet sebagai
salah satu sumber Ilmu /Pengetahuan
5.2 Saran
Peneliti menyarankan bahwa Internet
memiliki dampak Positif dan negative. Untuk meminimalisir Anak-Anak dan para
remaja untuk mengunjungi situs-situs yang negative. Perlu diadakanya pengawasan
yang diadakan oleh para Orang tua.Adanya pengaruh pengawasan dari orang tua
siswa itu sendiri, yang mengarahkan kepada anaknya bagaimana dan untuk apa
penggunaan fasilitas internet itu. Juga dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa
terhadap jaringan atau penguasaan fasilitas – fasilitas internet.
DAFTAR
PUSTAKA
Amin,muh.2013.Pelajaran Internet.
Maros : canon
Amin.muh ,2013,Teknologi
Informasi dan Komunikasi, Maros : canon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar